PANTAI KONDANG MERAK | TAK SEKONDANG NAMANYA

Bila kita mendengar kata Malang Selatan, di dalam benak kita pasti terpikirkan sebuah wilayah di jawa timur yang memiliki beberapa pantai yang begitu Indah, tak kalah Indahnya dengan pantai di pulau dewata, Bali. Sebut saja Balekambang, Ngliyep, Tamban dan Sendang Biru adalah nama-nama pantai yang begitu Indah dan terletak di Malang Selatan.
Dan salah satu pantai yang memiliki panorama cantik dan Indah adalah Kondang Merak, memang pantai ini tak sekondang namanya, mungkin disebabkan pantai ini cukup tersembunyi di antara perbukitan dan pepohonan.
Untuk menuju ke sana, jangan pernah anda bayangkan kita akan melewati jalan beraspal sambil dikelilingi pepohonan yang rindang dan suara deburan omba. Namun jalanan berpasir serta naik turun melewati perbukitan yang akan mengantarkan kita. Perlu ekstra Waspada bagi penggendara yang hendak mengunjungi kondang merak.

Perlu memakan waktu 3-4 jam perjalanan dari kota Surabaya untuk sampai di pantai yang terletak di kecamatan Bantur ini. Agar bisa menikmati sunrise, kami sarankan bagi Travellers yang berasal  dari Surabaya untuk berangkat pada malam hari.

Setelah melewati jalanan berpasir, kita akan di sambut dengan suara deburan omba. Hamparan pasir yang lembut di kaki siap untuk menenani perjalanan kita menggelilingi pantai yang terkenal memiliki karang yang besar dan indah ini.

Tak afdhol rasanya bila kita berada di suatu wilayah namun tidak menyempatkan diri untuk berkeliling sambil melihat keadaan warga sekitar. Bila kita cermati, kita akan menemukan sederet rumah yang memiliki panel surya di atas rumah warga yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan.

• RSS

Berkunjung ke kerajaan kera di pulau garam

Hutan Kera Nepa

Siapa sangka, pulau madura yang terkenal dengan pulau penghasil garam ini terdapat sebuah hutan di pesisir laut yang dihuni oleh ratusan kera. Hutan tersebut terletak di desa Betioh kecamatan Bayuates kabupaten Sampang. Untuk mencapai hutan ini, dari arah bangkalan kita bisa menuju ke arah utara dengan jalur jalan utara, selama perjalanan kita akan di suguhkan pemandangan alam yang menarik. Hutan yang terkenal dengan nama Hutan Kera Nepa cukup terpencil dari jalan raya dan terletak dekat pantai.

Untuk menikmati hutan ini, kita hanya di kenakan tarif parkir saja sebesar Rp. 3.000 per motor tanpa di kenakan harga ticket masuk.

Kita akan di sambut dengan puluhan bahkan ratusan kera begitu memasuki pintu masuk hutan kera Nepa.Yang menarik, penduduk sekitar mampu memanggil kera-kera penghuni hutan dengan menggunakan bahasa setempat,

Bosan bermain-main dengan kera? kita bisa menikmati keindahan pantai Nepa yang berada di satu kawasan Hutan Kera Nepa.

Hutan Kera Nepa bisa menjadi tujuan wisata bila kita ingin menikmati rindangnya pepohonan sekaligus ingin bermain-main dengan ombak.

• RSS

Menelusuri jejak patih Gajah Mada.

Madakaripura, sebuah air terjun yang terletak di Desa sapih, kecamatan Lumbang Probolingo dan merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo tengger Semeru.
Tidak sulit untuk menemukan air terjun ini, jika kita berangkat dari arah Probolingo sesampai dari desa Sukapura kita belok kanan. Selama perjalanan menuju ke Air Terjun, kita akan melewati jalan beraspal dengan suguhan pemandangan yang menyegarkan mata.
Jangan heran bila kita di sambut oleh Patung Gajah Mada di pintu masuk karena Konon air terjun ini merupakan tempat bersemedi patih Gajah Mada.

Selanjutnya perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Melewati jalan setapak terbuat dari semen yang berbatu sehingga kalau basah tidak akan licin, sesekali kita akan menyebrangi sungai yang aliran airnya cukup deras. Selama perjalanan, kita akan di temani dengan kicauan burung dan suguhan pemandangan yang indah.

Begitu mendekati air terjun utama, kita akan di sambut dengan air terjun kecil yang membentuk tirai dan kita akan berjalan di tenggah-tenggah air terjun kecil tersebut, maka bisa di pastikan kita akan basah kuyup ketika sampai di air terjun utama.

Bila kita berjalan terus, kita akan bertemu dengan sebuah ruangan yang berbentuk lingkaran berdiameter kira-kira 25 meter. Bagaikan berada di tenggah-tenggah sumur raksasa di mana terdapat air terjun yang berketinggian 200 meter.

Perjalanan yang berat, menyusuri  jalan setapak, menyebrang sungai terbayar sudah dengan keindahan air terjun Madakaripura.

Berpetualang ke Surga kecil di Kabupaten Malang

Petualangan saya selanjutnya menuju ke sebuah pulau yang terkenal keindahannya dan letaknya tidak jauh dari kota Pahlawan, tepatnya berada di Kabupaten Malang. Yapz, saya akan menceritakan petualangan saya di Pulau Sempu.

Saya berangkat pada hari Sabtu,15 September 2012 bersama rombongan dari Alumni SMPN 40 Surabaya. Yapz, saya sendiri Alumni dari SMPN 40 Surabaya lulusan tahun 2003. Ok, kita kembali ke Jalan yang lurus, hehehe.... kita berangkat tepat pukul 22.30 WIB dengan rombongan sebanyak 15 orang dan menggendarai 8 Motor. Gelapnya malam, dan macetnya jalan porong tidak menjadi kendala berarti bagi kami. Rombongan tetap melaju dengan semangat 45.

Rombongan memutuskan untuk istirahat sejenak di daerah pasar Singosari. Setelah dirasa cukup Istirahatnya, rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke TKP.

Sekitar pukul 03.45 WIB kami mulai memasuki wilayah perbukitan. Jalan yang naik-turun dan sempat terjadi Insiden, salah satu motor dari rombongan kami tiba-tiba mesinya mati. Namun atas pertolongan Allah dan sedikit di otak-atik itu motor, akhirnya bisa hidup kembali. Kami pun melanjutkan perjalanan menuju ke Lokasi.

Sekitar pukul 05.00 WIB Rombongan sampai sendang biru. Sebelum menyebrang ke pulau sempu, kami Istirahat sejenak di rumah salah satu penduduk. Setelah menggurus registrasi, akhirnya kami menuju ke pulau sempu sekitar pukul 08.00 menggunakan perahu yang memang sudah di persiapkan untuk menuju ke pulau tersebut.

Tak lama perahu motor tersebut menerjang ombak, kami pun sampai juga di pulau Sempu. setelah menginjakan kaki di pulau sempu, kami pun segera menuju ke segara anakan, sebuah segara yang tersembunyi di Pulau seluas 877 hektar ini.

Medan yang curam tidak menyiutkan nyali kami menuju segara Anakan.

Di tengah-tengah perjalanan, kami bertemu dengan teman-teman dari Fakultas Ekonomi UNESA angkatan 2011.

1 Jam lamanya kami jalan kaki,tanda-tanda kami mendekati segara anakan mulai terasa, bau anyir air laut mulai menyengat hidung. kami pun segera mempercepat langkah. Subhanallah, terlihat jelas pemandangan Segara Anakan yang Indah di depan mata.

Di balik pulau ini pun masih menyimpan pemandangan yang tidak kalah menarik

Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk (Nya). di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang. Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (Q.S. Ar-Rahman 55:1-13)

Surga Dunia di Selatan Jember

Kali ini saya bersama Achmad Nugroho , Thoifur , Dirrar , Sean Zaka , Aren dan pilot kami Sigit menuju ke surga Dunia yang berada di selatan kota Jember. Sebuah pantai yang bernama pantai pasir putih Malikan atau orang lebih menggenalnya pantai PAPUMA adalah tujuan kami.

Tidak mengherankan bila pantai ini masih jarang di kunjungi banyak orang. Pepohonan yang rimbun dan berbaris rapi seakan-akan menyembunyikan Surga Dunia ini dari jarahan tangan-tangan manusia. Secara umum, susunan vegetasi hutan pantai Papuma terdiri dari dua lapis. Lapisan pertama terdiri dari tumbuhan pandan, bakung dan babakoan. Sementara lapisan kedua, Berjajar-jajar pohon yang lebih besar dari jens Nyamplung, waru laut dan ketapang.

Panorama alam dengan gugusan batu karang di tengah laut serta pasir putih lembut di sepanjang pantai bisa anda nikmati sambil menikmati ikan bakar yang di sajikan beberapa warung di tempat peristirahatan.Anda juga bisa membawakan orang-orang yang anda cintai berupa cinderamata buatan penduduk yang di jual bebas.

Pantai yang di kelolah oleh Perum Perhutani II Jawa timur memang memiliki kesan tersendiri bagi penggunjung yang merindukan suasana Pantai yang masih Perawan.

Bertamu ke Puncak Tertinggi Jawa

Untuk mengisi libur panjang natal dan tahun baru 2012. saya bersama ReLya Bagus Ariesta, , Wahyu Ismail , Irma NL JinggoJinggo , IFan Agus P dan Zakah Robbi. Melakukan pendakian ke Gunung Semeru.

Perjalanan yang melelahkan

Perjalan menuju Ranu Pani yang merupakan desa terakhir di kaki gunung semeru di mulai pukul 22.00 WIB dari kota Surabaya. Dikarenakan keinginan yang begitu besar untuk segera menginjakkan kaki di Puncak tertinggi pulau jawa, rasa dingin yang menusuk tulang kami hiraukan. Tidak terasa waktu sudah menujukkan sekitar pukul 1 pagi dan menginggat medan yang akan di lalui begitu terjal dan penerangan jalan yang minim, kami memutuskan untuk berhenti dan istirahat sejenak di Mushola yang bersebelahan dengan pintu masuk air terjun pelangi di kabupaten malang.

Selepas shalat subuh, iring-iringan 4 motor ini meninggalkan mushola yang di bangun oleh Mahasiswa jurusan teknik Mesin ITATS yang sedang melakukan KKN beberapa tahun yang lalu (saya lupa tahun berapa mushola tersebut dibangun,red) dan menuju ke Ranu Pani.

Selama perjalan yang memakan waktu 1-2 jam dari pintu masuk air terjun pelangi ke Ranu pani, terlihat jelas pemandangan yang begitu indah berupa bukit-bukit yang hijau dan indah, mirip sekali dengan bukit yang ada di film teletubies. Perlu di garis bawahi, pemandangan serupa tidak akan pernah ditemukan di kota Pahlawan.

Sambil menikmati pemandangan yang begitu indah, tidak terasa kami telah sampai di Ranu Pani.

Begitu tiba di Desa Ranu pani, kita bisa langsung melakukan registrasi di posko Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sambil melihat pemandangan berupa danau yang di kenal dengan danau Ranu Pani.Di Pos penjagaan ini, terdapat warung yang menyediakan aneka kebutuhan. Dari kebutuhan perut (Baca : aneka makanan)hingga aneka Pernak-pernik yang berkaitan dengan gunung semeru.

Setelah menggurus perizinan pendakian yang ketat (untuk bisa mendaki ke semeru, setiap pendaki harus menyerahkan foto copi Identitas diri serta surat keterangan sehat.Tidak itu saja, kami harus menandatanggani surat pernyataan yang bermaterai dan isinya pendakian hanya diizinkan sampai Kalimati dan apabila melanjutkan ke Arcopodo dan Puncak Mahameru, pihak TNBTS tidak menanggung resiko apabila terjadi kecelakaan ) kami segera bergeser menuju ke Ranukumbolo.

Pendakian dari Ranu Pani menuju ke Ranu Kumbolo memakan waktu kurang lebih 3 hingga 5 Jam perjalanan. menyusuri lereng bukit yang di dominasi dengan tumbuhan alang-alang serta Jalur pendakian yang landai, memudahkan pendaki untuk menuju ke Ranu kumbolo.

Setelah melakukan perjalanan sepanjang 5 km, kami menyusuri lereng bukit yang banyak ditumbuhi bunga edelweis. Pemandangan yang sangat indah ke arah lembah dan bukit-bukit, yang ditumbuhi hutan cemara dan pinus.

Antara Ranu pani ke Ranu kumbolo, kita akan melewati 4 pos yang di gunakan para pendaki untuk melepas lelah. Hampir 2 jam kami berjalan, namun tanda-tanda kami mendekati Ranukumbolo tidak tampak, yang ada hanya pepohonan yang rapat. Jalur terasa semakin landai, tak lama kemudian, tampak datar kebiruan di depan kami, kami mempercepat langkah lalu tampaklah Ranukumbolo di depan kami, ,SUBHANALLAH, begitu indah. Kami pun semakin cepat dalam melangkah untuk meuju danau yang di keliling bukit-bukit curam itu.

Sehari di Ranu Kumbolo

Ranu kumbolo, sebuah lembah dan terdapat danau yang luasnya 12 ha. Dengan ketingian 2.390 mdpl membuat Ranu Kumbolo bersuhu rata 3 – 8 derajad celcius di malam hari dan dini hari. Di danau ini, kami bermalam 1 hari untuk beristirahat serta menggisi perbekalan sebelum melanjutkan pendakian ke kali mati.

Walaupun udara terasa sangat dingin, tidak membuat para pendaki untuk bersembunyi di dalam tenda d pagi hari. Para pendaki yang berasal dari beberapa daerah di Nusantara berkumpul di pingir danau sambil menikmat pemandangan yang begitu Indah. Tidak sedikit dari mereka mengabadikan pemandangan di Ranu Kumbolo.

Perjalanan ke Kali Mati

Setelah puas menikmati pemandangan di Ranu Kumbolo, saatnya kami bergeser ke Kali Mati. Kali mati adalah lapangan luas berpasir pada ketinggian 3210 mdpl . Sebelum ke kali mati Kami menyiapkan logistik terutama pasokan air. 6 Botol air mineral ukuran 1,5 Liter kami isi penuh. Sayang, tidak semua melanjutkan ke Kalimati, dengan pertimbangan waktu karena besoknya harus kerja, , Wahyu Ismail dan Zakah Robbi harus kembali ke Surabaya.

Kami melangkah kan kaki menuju kali mati sekitar pukul 11.00, dan langsung di hadapkan tanjakan cinta, tanjakan terjal untuk mencapai bukit keluar dari Ranukumbolo. Entah kenapa bernama tanjakan Cinta? Yang kami tahu ada mitos dan banyak pendaki yang percaya bahwa jika kita mampu mendaki Tanjakan Cinta tanpa berhenti dan tidak menoleh ke belakang sambil terus memikirkan orang yang kita cintai.,maka hubungan cinta kita dengan orang tersebut akan langgeng dan terus bertahan.

Setelah sukses menaklukan Tanjakan Cinta, dihadapan kita tampak hamparan sabana oro oro ombo lembah yang dikelilingi bukit.,seluruh permukaan lembah ditutupi ilalang setinggi perut. Kami berempat menyempatkan diri untu berfoto di Oro oro Ombo. Mirip hamparan sabana yang di Afrika.

Setelah melewati Oro oro Ombo, sampailah kami di cemoro kandang. Entah mengapa di beri nama Cemoro kandang, mungkin di sekeliling jalan setapak terdapat pohon-pohon cemara.

Cuaca yang kurang bersahabat menemani perjalanan kami menuju Kalimati. Jalan yang licin, membuat kami yang sudah basah kuyup diguyur hujan di cemoro kandang harus lebih berhati-hati dalam melangkah. Sempat beberapa kali kami hampir terpeleset di karenakan medan yang licin dan akhirnya kami berpencar menjadi 2 Kelompok di karenakan medan yang kurang bersahabat ReLya Bagus Ariesta bersama Irma NL JinggoJinggo
berangkat duluan untuk segera memasang Tenda sedangkan saya dengan IFan Agus P menyusul.

Tampak kejauhan terlihat lapangan luas yang berpasir dengan edelweis di sana-sini, terlihat juga beberapa tenda terpasang. Ya... Itu adalah Kalimati, kami pun bergegas untuk segera sampai di tempat tersebut. Syukurlah, tenda yang di bawa oleh ReLya Bagus Ariesta dan Irma NL JinggoJinggo sudah berdiri tegak di kalimati.

kami istirahat sejenak untuk melepas lelah setelah melahap makanan yang di sajikan oleh koki kami Irma NL JinggoJinggo, sambil Di hinggapi rasa cemas di hati di karenakan hujan belum juga reda sedangkan kita harus segera bergeser menuju ke Puncak Mahameru dini hari.

Waktu menujukan tepat pukul 11 malam, kami segera menyiapkan perbekalan yang akan di bawa menuju Puncak Mahameru. kami sempat menyantap kacang hijau hangat untuk menambah Stamina sebelum berangkat.

Tepat pukul 12 malam kami berangkat menuju Puncak Mahameru bersama rombongan dari Solo. Hanya di temani senter yang ada di tanggan, kami menembus gelapnya malam. Udara yang menusuk tulang kami hiraukan dan tetap melangkah secara berlahan dengan interval rapat.Tak selang berapa lama kami berjalan dari kalimati lalu terlhat semacam sungai yang menjadi jalur lahar ketika semeru meletus. Mungkin ini yang di sebut Kali (sungai) mati yang tidak ada airnya. Setelah menyebrangi kali mati, kami mulai memasuki hutan cemara, yach..Inilah hutan Arcopodo.

Jalur yang sempit dan curam, membuat kami semakin tertantang untuk segera menaklukan hutan Arcopodo. Melewati hutan Arcopodo butuh kewaspadaan extra, jurang ada di sebelah kanan-kiri. Udara yang menipis membuat kami mudah terengah-engah.

Akirnya kami sampai juga di ujung Arcopodo,terdapat jembatan batu alami yang menjadi penghubung sekaligus menjadi batas antara vegetasi terakhir Arcopodo dengan pasir Mahameru.

Bismillah, dengan langkah mantap kami menginjakkan kaki di pasir Mahameru. Setiap 2 langkah kaki menginjak pasir, pasir melorot 1 langkah, memang butuh tenaga ekstra untuk bisa melewati gunung pasir ini.

Awalnya kami berangkat secara gerombolan dari Kalimati namun akhirnya kami berpencar juga ketika mencapai gunung pasir. Track semakin tidak bersahabat, untuk melewati gunung pasir yang labil, kami hanya di temani senter mungil di tanggan, sulit rasanya menjaga keseimbangan tubuh dengan tanggan kanan membawa senter, namun tidak ada pilian lain, hanya senter menjadi satu-satunya penerangan kami.

Di tenggah-tenggah pendakian, langit mulai terang sedikit demi sedikt.Subhanallah, sebelum sampai puncak, kita di suguhkan pemandangan yang begitu Indah. Saya sempat menikmati pemandangan yang begitu indah beberapa saat sembari melepas lelah, saya duduk di tenggah-tengga padang pasir dan meminum beberapa teguk air yang sudah di siapkan dari kalimati.

Langit semakin terang, saya pun memutuskan untuk melanjutkan pendakian, Pasir semakin labil,semakin sulit rasanya kaki ini untuk melangkah, sesekali saya merangkak untuk mempermudah langkah saya. semakin ke atas, oksigen semakin menipis dan udara semakin dingin, ini membuat saya mudah capek.Di tambah lagi turunnya gerimis membuat badan semkin mengigil. Satu per satu pendaki memutuskan untuk tidak melanjutkan pendakian dan turun kembali di karenakan tidak kuat dengan track yang begitu mananjak dan melelahkan. Terbesit di benak saya untuk kembali ke kalimati menginggat kondisi yang semakin tidak mendukung.

kami bertiga (Saya, Ifan Agus dan ReLya Bagus Ariesta) berdiskusi sejenak untuk memutuskan apakah melanjutkan pendakian atau kembali ke Kalimati. Setelah kami berdiskusi sejenak di tenggah-tengga udara dingin yang menusuk tulang,kami memutuskan saya dan Ifan Agus P kembali ke Kalimati dan ReLya Bagus Ariesta menyusul Irma NL JinggoJinggo yang sudah sampai puncak terlebi dahulu.

Terbesit di benak saya sebuah penyesalan karena sudah menganggap remeh pendakian ini dan kurang dalam mempersiapkan perbekalan sebelum pendakian sehingga mengakibatkan gagalnya saya menuju puncak tertinggi di pulau Jawa.Namun, saya yakin, suatu kelak nanti, Saya pasti berhasil menaklukan puncak Mahameru.