Menelusuri jejak patih Gajah Mada.


Madakaripura, sebuah air terjun yang terletak di Desa sapih, kecamatan Lumbang Probolingo dan merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo tengger Semeru.
Tidak sulit untuk menemukan air terjun ini, jika kita berangkat dari arah Probolingo sesampai dari desa Sukapura kita belok kanan. Selama perjalanan menuju ke Air Terjun, kita akan melewati jalan beraspal dengan suguhan pemandangan yang menyegarkan mata.
Jangan heran bila kita di sambut oleh Patung Gajah Mada di pintu masuk karena Konon air terjun ini merupakan tempat bersemedi patih Gajah Mada.

Selanjutnya perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Melewati jalan setapak terbuat dari semen yang berbatu sehingga kalau basah tidak akan licin, sesekali kita akan menyebrangi sungai yang aliran airnya cukup deras. Selama perjalanan, kita akan di temani dengan kicauan burung dan suguhan pemandangan yang indah.





Begitu mendekati air terjun utama, kita akan di sambut dengan air terjun kecil yang membentuk tirai dan kita akan berjalan di tenggah-tenggah air terjun kecil tersebut, maka bisa di pastikan kita akan basah kuyup ketika sampai di air terjun utama.




Bila kita berjalan terus, kita akan bertemu dengan sebuah ruangan yang berbentuk lingkaran berdiameter kira-kira 25 meter. Bagaikan berada di tenggah-tenggah sumur raksasa di mana terdapat air terjun yang berketinggian 200 meter.





Perjalanan yang berat, menyusuri  jalan setapak, menyebrang sungai terbayar sudah dengan keindahan air terjun Madakaripura. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS